PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SANDEN

Noor Argawati Yula, Desy (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SANDEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Desy Noor Argawati Yula.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sanden. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sanden, dengan jumlah 29 anak yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan nilai rata-rata hasil tes IPS meningkat dan ketuntasan belajar siswa dalam satu kelas telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran IPS yang telah ditetapkan SD N 2 Sanden yaitu 75. Pembelajaran dikatakan tuntas apabila >75% siswa yang hadir telah memenuhi KKM yang ditentukan (≥75). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sanden menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar dari pra tindakan ke siklus I, dari 29 siswa rata-rata nilai IPS adalah 68,10 dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa (34,48%,) setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 77,06 dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa (68,96%), nilai rata-rata IPS meningkat lagi pada siklus II mencapai 81,29 dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa (82,75%). Kata kunci : prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 10:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37895

Actions (login required)

View Item View Item