PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B DI SD 1 KRETEK, KECAMATAN KRETEK, KABUPATEN BANTUL

Pramudyanti, Chandra Marleani (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B DI SD 1 KRETEK, KECAMATAN KRETEK, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Chandra Marleani Pramudyanti.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran IPS kelas IV B SD 1 Kretek. Keterampilan sosial siswa diukur dari aspek kerja sama, sportif, dan tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD 1 Kretek yang berjumlah 25 anak. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Tahapan siklus dalam penelitian ini menggunakan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan hasil angket pra tindakan dari 25 siswa, diketahui bahwa keterampilan sosial siswa yang masuk dalam kategori baik dan sangat baik mencapai 4 siswa (16%). Hasil siklus 1 menunjukan bahwa keterampilan sosial siswa meningkat pada kategori baik dan sangat baik menjadi 15 siswa (60%). Hasil siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan keterampilan sosial siswa pada kategori baik dan sangat baik menjadi 23 siswa (92%). Kata Kunci: keterampilan sosial, kooperatif tipe TGT, pembelajaran IPS SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:06
Last Modified: 30 Jan 2019 10:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37890

Actions (login required)

View Item View Item