UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 POMAH KEC. TULUNG KAB. KLATEN

Wulansari, Atika (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 POMAH KEC. TULUNG KAB. KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Atika Wulansari.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi geometri pada siswa kelas IV. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Pomah Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas dengan subyek penelitiannya siswa kelas IV SD Negeri 1 Pomah yang terdiri dari 24 siswa dengan 9 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah guru menerapkan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dalam mengajarkan materi geometri. Pada tahap Pra Tindakan persentase ketuntasan siswa sebesar 0%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar yaitu 75%, sedangkan siswa yang belum tuntas 25%. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 100% dan siswa yang belum tuntas 0%. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 74,2% pada siklus II meningkat menjadi 80,8%. Kata kunci: hasil belajar, geometri, model pembelajaran kooperartif Team Game Tournament.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 10:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37878

Actions (login required)

View Item View Item