HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEER ACCEPTANCE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS YOS SUDARSO, KECAMATAN NGADIROJO, KABUPATEN WONOGIRI

Prastiwi, Astri (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEER ACCEPTANCE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS YOS SUDARSO, KECAMATAN NGADIROJO, KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Astri Prastiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar, hubungan peer acceptance dengan prestasi belajar, hubungan motivasi belajar dan peer acceptance dengan prestasi belajar, besarnya sumbangan intensitas motivasi belajar terhadap prestasi belajar, besarnya sumbangan intensitas peer acceptance terhadap prestasi belajar, besarnya sumbangan motivasi belajar dan peer acceptance terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 128 siswa yang diambil dari 10 Sekolah Dasar yang ada di gugus Yos Sudarso, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji hipotesis menggunakan korelasisederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Yos Sudarso, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri dengan sumbangan sebesar 23,3%. Kedua,terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peer acceptance dengan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Yos Sudarso, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri dengan sumbangan sebesar 24,4%. Ketiga,terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan peer acceptance dengan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Yos Sudarso, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri dengan sumbangan sebesar 27,14%. Kata kunci: motivasi belajar, peer acceptance, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 03:43
Last Modified: 30 Jan 2019 10:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37876

Actions (login required)

View Item View Item