HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA TANGAN DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PADA PESERTA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI TAHUN AJARAN 2015/2016 DI SD NEGERI 2 AYAMPUTIH KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH

Imam Setiyono (2016) HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA TANGAN DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PADA PESERTA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI TAHUN AJARAN 2015/2016 DI SD NEGERI 2 AYAMPUTIH KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi banyak peserta ekstrakurikuler bola voli yang belum bisa melakukan servis bawah dengan baik, walaupun kondisi fisik peserta tersebut memiliki postur tubuh yang baik namun tidak dapat melakukan servis bawah dengan baik. adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara koordinasi mata tangan dan power lengan terhadap kemampuan servis bawah pada peserta putra ekstrakurikuler bola voli tahun ajaran 2015/2016 di SD Negeri 2 Ayamputih Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sempel dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola voli di SD Negeri 2 ayamputih Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen Jawa Tengah yang berjumlah 16 siswa, sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Dengan kriteria sempelnya: 1) Siswa SD Negeri 2 Ayamputih; 2) Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli; 3) Siswa putra. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan tes yang terdiri dari: tes lempar tangkap bola tenis untuk mengukur koordinasi mata tangan, melempar peluru dengan lemparan bawah untuk mengukur power lengan, AAHPER serving accuracy test untuk mengukur kemampuan servis. Analisis untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa; 1) ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan terhadap hasil servis bawah pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SD Negeri 2 Ayamputih dengan besarnya sumbangan 31,01%. 2) ada hubungan yang signifikan antara power lengan terhadap hasil servis bawah pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SD Negeri 2 Ayamputih dengan besarnya sumbangan 7,69 %. 3) ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dan power lengan terhadap hasil servis bawah pada peserta putra ekstrakurikuler bola voli tahun ajaran 2015/2016 di SD Negeri 2 Ayamputih dengan besarnya sumbangan 38,70%. Secara rinci hasil dari F change lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Koordinasi Mata Tangan, Power Otot Lengan, Kemampuan Servis Bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:11
Last Modified: 30 Jan 2019 10:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37874

Actions (login required)

View Item View Item