PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA 1 Juli s/d 17 September 2014

Hanif Shiddiq Ismail, Hanif Shiddiq Ismail (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA 1 Juli s/d 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL HANIF SHIDDIQ I_11205241059_Pend. Bahasa Jawa_FBS.pdf

Download (997kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat lingkungan sekolah, meningkatkan potensi, bakat dan minat siswa guna menunjang proses belajar mengajar, membantu meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung proses belajar mengajar, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoretis yang telah diterima di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMA Negeri 2 Yogyakarta, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Juli 2014 hingga tanggal 17 September 2014. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 9 pertemuan, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 5 kelas, yaitu kelas XI IS 1, XI IS 2, XII IA 3, XII IA 5, dan XII IA 7 dengan menerapkan kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, presentasi, dan penugasan. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media slide power point dan LKS. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL. Akan tetapi, hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan dan kewajiban serta selalu berusaha menjalin kerjasama, interaksi dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut. Hal ini dilakukan demi kemajuan dan peningkatan profesionalisme praktikan dalam mengembangkan kemampuannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 03:27
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37869

Actions (login required)

View Item View Item