DWI INDAH SURYANINGTYAS, DWI INDAH SURYANINGTYAS (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI6 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13511247004 DWI ENDAH SURYANINGTYAS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapongan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan.SMKN 6 Yogyakarta sebagai salah satu lokasi PPL semester genap2014/2015. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka PPL di SMKN 6 Yogyakarta antara lain: observasi lingkungan pembelajaran dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengajar, pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar di kelas, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMKN 6 Yogyakarta. Dengan PPL ini praktikan memperoleh kesempattan untuk menghadapi kondisi riil dalam proses belajar mengajar. Selain itu juga memperoleh pengalaman yang sangat berguna dalam penguasaan kompetensi keilmuan dan keterampilan bidang studi, keterampilan pengembangan profesi, dan kompetensi dalam pembentukan kepribadian sebagai pendidik yang profesional. Mengingat besarnya manfaat dan hasil yang diperoleh dalam PPL ini, kiranya perlu untuk terus ditingkatkan kerjasama yang harmonis antara UNY sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga akademis dengan pihak sekolah. Selain itu juga perlu untuk mengoptimalkan program- program PPL yang telah disusun dalam rancangan kegiatan sebagai salah satu upaya pencapaian Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ). Mengenai mata pelajaran yang diajarkan sesuai dengan mata pelajaran yang dikuasai, yaitu Pendidikan Teknik Boga. Kegiatan PPL meliputi mengajar di kelas, pembuatan Rencana Pembelajaran, Pembuatan Media Pengajaran, Pelaksanaan penilaian, serta pembuatan minggu efektif, Rencana Pembelajaran dan silabus satu semester. Dalam pelaksanaan PPL melaksanakan mengajar secara resmi sebanyak 8kali dalam 6 minggu, yaitu mengajar di kelas XI, dalam 1 minggu mengajar selama 3 Kelas JB1, JB2, JB3 sebanyak 7 jam pelajaran (7 x 45 menit). Rencana Pembelajaran dibuat untuk kelas XI dibuat dalam format menggunakan system Kurikulum 2013. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bagi kelas X dan XII masih mengikuti kurikulum KTSP. Kegiatan praktikan berakhir ditandai dengan penarikan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta secara serempak. Kegiatan PPL ini dapat memberikan pengelaman secara nyata bagi praktikan. Pengalaman inidijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadi kandirinya sebagai guru atau pendidik yang professional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidang masing- masing.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 03:16 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37865 |
Actions (login required)
View Item |