LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK N 6 YOGYAKARTA Disusun untuk Memenuhi Tugas Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK N 6 YOGYAKARTA

Stevi Gilar Hervani, Stevi Gilar Hervani (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK N 6 YOGYAKARTA Disusun untuk Memenuhi Tugas Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK N 6 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11104244042 STEVI GILAR HERVANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK N 6 Yogyakarta mulai tanggal 01 Juli s/d 17 September 2014. PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Pengalaman yang diperoleh praktikan selama pelaksanaan PPL ini meliputi pengalaman pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan klasikal meliputi bimbingan sosial, pribadi, belajar dan karir. Praktikan juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengelolaan administrasi BK, administrasi beasiswa, pengelolaan administrasi sekolah, penelusuran tamatan, konseling individual serta home visit. Melalui pengalaman-pengalaman tersebut praktikan menjadi mengerti dan dituntut untuk terampil dalam mengerjakan kegiatan administrasi sekolah khususnya BK. Di SMK N 6 Yogyakarta, mahasiswa melakukan bimbingan sebanyak 16 kali yaitu dikelas XI Jasaboga 1, 2 dan 3, XI Tata Busana 1 dan 3, XI Akomodasi Perhotelan 1, XI Kecantikan Rambut 1, dan XI kecantikan Kulit. Dari pemberian bimbingan klasikal tersebut praktikan mendapat kesempatan untuk belajar menghadapi siswa dari berbagai macam latar belakang dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu praktikan juga belajar bersosialisasi, berinteraksi dan bekerja sama dengan seluruh guru maupun karyawan yang ada di SMK N 6 Yogyakarta. Dalam hal tersebut praktikan belajar untuk menjadi seorang konselor sekolah yang profesional. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, baik kelompok maupun individu penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37850

Actions (login required)

View Item View Item