Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Magelang

Ulfah, Risti Aulia (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-risti-aulia-ulfah-14730251005.swf

Download (91MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap: (1) kemampuan berpikir kritis dan (2) sikap demokratis peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Desain penelitin yaitu randomized control group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2016 di SMK Negeri 1 Magelang. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian untuk kelas eksperimen yaitu kelas X Elektronika A dan kelas kontrol yaitu kelas X Mesin A. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket sikap demokratis. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian, adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Magelang pada Kompetensi Dasar menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara, yang terbukti dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 (2,557> 2,000). Skor gain kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 0,59 dalam kategori efektif sedang, sedangkan skor gain kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan sebesar 0,39 dalam kategori efektif sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif daripada model pembelajaran penemuan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran PPKn. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap demokratis peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Magelang pada Kompetensi Dasar menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara, yang terbukti dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 (5,332> 2,000). Skor gain kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 0,72 dalam kategori efektif tinggi, sedangkan skor gain kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan sebesar 0,40 dalam kategori efektif sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka, model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif daripada model pembelajaran penemuan terhadap sikap demokratis peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Magelang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis, sikap demokratis
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:16
Last Modified: 09 May 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37839

Actions (login required)

View Item View Item