Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Kerja Laboratorium terhadap Keterampilan Proses Sains dan Karakter Siswa Kelas X SMAK St.Darius Larantuka Kabupaten Flores Timur NTT

Nirmalasari, M.A yohanita (2016) Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Kerja Laboratorium terhadap Keterampilan Proses Sains dan Karakter Siswa Kelas X SMAK St.Darius Larantuka Kabupaten Flores Timur NTT. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ma-yohanita-nirmalasari-14728251019.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan proses sains (KPS) dan karakter disiplin siswa yang mengikuti pembelajaran kimia dengan metode praktikum dan demonstrasi pada materi redoks, (2) perbedaan keefektifan metode praktikum dan demonstrasi ditinjau dari KPS pada materi redoks, dan (3) perbedaan keefektifan metode praktikum dan demonstrasi ditinjau dari karakter disiplin siswa pada materi redoks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis dan desain penelitian berupa eksperimen semu (quasi experiment) dan pre-andposttest design. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X SMAK St. Darius Larantuka yang terdiri atas 4 kelas, antara lain: kelas XA, XB, XC dan XD. Teknik pemilihan sampel yakni random sampling dan diperoleh kelas XA dan XD sebagai sampel penelitian dan diberi perlakuan masing-masing dengan metode demonstrasi dan praktikum. Data penelitian dikumpulkan melalui beberapa instrumen berupa soal uraian, lembar observasi dan angket penilaian diri. Teknik analisis data yang digunakan mencakup Multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan statistik uji T2 Hotelling’s pada taraf signifikansi 0,05. Selain uji hipotesis, analisis data pada lembar observasi dan angket penilaian diri melibatkan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan KPS dan karakter disiplin siswa yang mengikuti pembelajaran kimia dengan metode praktikum dan demonstrasi pada materi redoks, (2) metode praktikum lebih efektif dibandingkan dengan metode demonstrasi ditinjau dari KPS siswa pada materi redoks, dan (3) tidak ada perbedaan keefektifan metode praktikum dan demonstrasi ditinjau dari karakter disiplin siswa pada materi redoks.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: laboratorium, keterampilan proses sains, karakter disiplin siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jul 2016 01:55
Last Modified: 09 May 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37830

Actions (login required)

View Item View Item