PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI RANGKAIAN GULING KE DEPAN DAN GULING LENTING DALAM ASPEK KOGNITIF BAGI SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA 1 DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rahadyan Chandra Irawan (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI RANGKAIAN GULING KE DEPAN DAN GULING LENTING DALAM ASPEK KOGNITIF BAGI SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA 1 DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Saat ini perkembangan pendidikan semakin maju serta modern dilihat dari teknologi yang semakin berkembang. Olahraga butuh suatu pedoman pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar mandiri agar mampu untuk memahami dan mempraktekkannya. Khususnya dalam pembelajaran senam lantai guru atau model sudah sulit dalam memberikan contoh dikarenakan faktor usia, disamping itu pemanfaatan komputer di sekolah sangat penting untuk menunjang pembelajaran disamping mata pelajaran komputer. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk software multimedia pembelajaran berupa CD (compact disc) pembelajaran rangkaian guling depan dan guling lenting yang berkualitas dan layak digunakan sebagai media belajar bagi siswa sekolah menengah atas sederajat. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), yang berarti penelitian ini merupakan penelitian yang berorientasi pada produk. Pengembangan multimedia pembelajaran ini dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, melakukan pengembangan desain pembelajaran, melakukan pengembangan desain software multimedia pembelajaran, evaluasi produk, dan hasil akhir berupa compact disc pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam materi rangkaian guling depan dan guling lenting sebagai upaya menunjang pengembangan aspek kognitif siswa kelas X MAN Yogyakarta 1. Subjek uji coba adalah siswa MAN Yogyakarta 1 yang telah mendapatkan materi dasar gerak guling depan dan guling lenting. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan untuk merevisi produk. Hasil validasi oleh ahli materi secara keseluruhan aspek adalah “baik” dengan rerata skor 3,46. Penilaian ahli media pada produk adalah “baik” dengan rerata skor 4,15. Pada uji coba satu lawan satu penilaian siswa mengenai kualitas multimedia adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,43. Pada uji coba kelompok kecil penilaian siswa mengenai kualitas multimedia adalah “baik” dengan rerata skor 3,86. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, produk ini layak digunakan dalam pembelajaran untuk mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bagi siswa kelas X dijenjang sekolah menengah atas dan sederajat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Senam Lantai, Rangkaian
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 10:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37829

Actions (login required)

View Item View Item