PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRA SMA NEGERI 6 PURWOREJO

Destiawan Sudarajat (2016) PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRA SMA NEGERI 6 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan passing bawah siswa dan kurangnya variasi latihan peserta ekstrakurikuler bolavoli putra SMA Negeri 6 Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain terhadap peningkatan kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 6 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 6 Purworejo yang berjumlah 20 siswa putra. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes passing bawah bolvoli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Brumbach forearm pass wall-volley test yang memiliki koefisien validitas 0,80 dan koefisien reliabilitas 0,89. Teknik analisis data menggunakan uji-t before-after (sebelum-sesudah) untuk mengetahui hipotesis. Hasil uji-t memperoleh nilai bahwa t hitung sebesar 9,706 > 2,09 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan Metode Bermain terhadap Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Peserta Ekstrakurikuler BolaVoli di SMA Negeri 6 Purworejo. Apabila dilihat dari angka Mean Difference sebesar 4,10 ini menunjukkan bahwa metode bermain terhadap peningkatan kemampuan passing bawah memberikan perubahan data yaitu lebih banyak 4,10 dibandingkan sebelum diberikan latihan. Peningkatan kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 6 Purworejo sebesar 13,80% setelah diberikan latihan dengan metode bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode, bermain, passing bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:09
Last Modified: 30 Jan 2019 10:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37826

Actions (login required)

View Item View Item