PERAN PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT(PHBS) SISWA KELAS ATAS SD N 1 KESUGIHAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

AHSANUL BANI (2016) PERAN PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT(PHBS) SISWA KELAS ATAS SD N 1 KESUGIHAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fix.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa sudah diberikan pembelajaran pendidikan kesehatan tetapi masih terdapat beberapa siswa yang belum menerapkan perilaku hidup bersih sehat di sekolah, hal ini dapat dilihat dari beberapa siswa yang masih malas mengerjakan tugas piketnya, terdapat coret-coretan di dinding maupun meja, membuang sampah sembarangan, tidak menyiram setelah buang air kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan kesehatan terhadap perilaku hidup bersih sehat siswa kelas atas SD Negeri 1 Kesugihan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survai. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelas IV, V dan VI SD Negeri 1 Kesugihan yang berjumlah 80 anak. Uji instrument menggunakan uji validitas dengan rumus pearson product moment, diketahui dari 42 butir pernyataan terdapat 8 yang tidak valid, sehingga angket yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 pernyataan. Hasil uji reliabilitas instrument sebesar 0,890, sehingga dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian peran pendidikan kesehatan terhadap perilaku hidup bersih sehat siswa kelas atas SD Negeri 1 Kesugihan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap dalam kategori sangat baik 7,5% (6 siswa), dalam kategori baik sebesar 23,75% (19 siswa), dalam kategori sedang sebesar 33,75% (27 siswa), kategori tidak baik sebesar 30% (24 siswa), dan kategori sangat tidak baik sebesar 5% (4 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Pendidikan Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih Sehat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:09
Last Modified: 30 Jan 2019 10:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37825

Actions (login required)

View Item View Item