Konstruksi Tes Keterampilan Bolabasket untuk Siswa Sekolah Dasar

Mylsidayu, Apta (2011) Konstruksi Tes Keterampilan Bolabasket untuk Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-apta-mylsidayu-09711251010.swf

Download (42MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksikan tes keterampilan bolabasket untuk siswa sekolah dasar yang valid dan reliabel berdasarkan indikator-indikator keterampilan bolabasket. Jenis penelitian adalah R and D (Research and Development) dengan pendekatan survei melalui tes pengukuran. Populasi penelitian adalah siswa sekolah dasar di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan siswa sekolah dasar putra dan putri yang berusia 10-12 tahun (siswa Kelas V dan VI sekolah dasar yang memiliki ekstrakurikuler bolabasket). Bentuk tes adalah tes psikomotorik atau suatu blue print butir-butir dari tes keterampilan bolabasket. Validitas menggunakan face validity dan reliabilitas menggunakan test retest dengan hasil reliabilitas shooting 0.435, passing 0.807, dribble satu 0.652, dan dribble dua 0.518. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas (kolmogorov smirnov), uji deskriptif, uji homogenitas dengan menggunakan program SPSS Statistics 17, dan Z skor untuk menyamakan satuan. Hasil penelitian dan pengembangan berupa konstruksi tes keterampilan bolabasket untuk siswa sekolah dasar. Konstruksi tes keterampilan bolabasket yang disusun dinyatakan layak karena data normal dan homogen. Hasil konstruksi tes keterampilan bolabasket untuk siswa sekolah dasar dapat digunakan untuk pedoman guru Penjaskes dalam memberi nilai pelajaran bolabasket kelas V dan VI, serta dapat menjadi pedoman dalam pembibitan atlet bolabasket untuk siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tes keterampilan, bolabasket, sekolah dasar
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:00
Last Modified: 29 Jan 2019 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37824

Actions (login required)

View Item View Item