LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMAN 7 YOGYAKARTA Jl. MT. Haryono 47 Yogyakarta

LARASATI DYAH PRABANDARI, LARASATI DYAH PRABANDARI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMAN 7 YOGYAKARTA Jl. MT. Haryono 47 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I. II, III.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh setiap mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan meliputi kemampuan pembuatan perangkat pembelajaran, praktik mengajar, dan pengelolaan kelas serta evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Dalam melakukan praktik mengajar di kelas, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya observasi kelas yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kelas baik siswa maupun lingkungan, silabus, RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran dan lain-lain. Dalam melakukan praktik mengajar dikelas mahasiswa diberikan kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas XI –MIA2 dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masing-masing kelas dengan kondisi siswa yang berbeda karakter. Dengan kegiatan tersebut pengalaman dan wawasan yang diperoleh mahasiswa dalam dunia mengajar lebih luas. Pelaksanaan waktu praktik mengajar diambil dari jadwal mengajar guru pembimbing dengan alokasi waktu pembelajaran mata pelajaran biologi 4 x 45menit setiap minggunya. Hasil dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berupa kemampuan mengajar didalam kelas, pengalaman pembuatan perangkat pembelajaran, pengalaman pelaksanaan evaluasi pembelajaran, pengalaman mengelola kelas dengan karakter siswa yang berbeda, serta pengalaman menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang terkait misalnya dengan bapak/ibu guru serta karyawan sekolah. Selama kegiatan PPL berlangsung, ada berbagai macam kendala, akan tetapi hal tersebut masih dapat diatasi. Dalam pelaksanaan PPL, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan demi keberlangsungan jalannya kegiatan PPL diantaranya sarana dan prasarana pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan mengajar perlu ditambahkan baik kualitas maupun kuantitas. Komunikasi atau informasi dari LPPMP perlu dimaksimalkan lagi sehingga informasi bisa sampai dengan baik ke mahasiswa.Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL 2014 telah terlaksana dengan baik. Keberlangsungan pelaksanaan program PPL ini tidak lepas dari adanya kerjasama dari berbagai pihak baik LPPM, Dosen Pembimbing Lapangan, mahasiswa, guru dan karyawan SMA Negeri 7 Yogyakarta, maupun siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 7 Yogyakarta, dan Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 01:16
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37811

Actions (login required)

View Item View Item