LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA Jl. MT. Haryono 47 Yogyakarta

Adif Anityo Sigit, Adif Anityo Sigit (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA Jl. MT. Haryono 47 Yogyakarta. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
07 BAB I, II, III.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Program kegiatan PPL di SMA Negeri 7 Yogyakarta, merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan bantuan baik berupa fisik maupun nonfisik dalam merencanakan program dan pembangunan sekolah. Program PPL di SMA Negeri 7 Yogyakarta, dilaksanakan pada tanggal 30 Juni sampai 17 September 2014. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Program PPL individu meliputi program utama dan program penunjang. Program individu utama adalah mengajar di kelas yang telah ditentukan oleh koordinator PPL dan Guru Mata Pelajaran Pembimbing PPL. Sedangkan program penunjang disesuaikan dengan permintaan Guru pembimbing masing-masing. Dalam hal ini praktikan diminta untuk membuat RPP untuk satu semester dan beberapa administrasi Guru. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 30 Juni 2014. Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Observasi tersebut meliputi observasi sekolah dan juga terhadap pembelajaran di dalam kelas, praktikan juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran akuntansi mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap DPL PPL untuk menindaklanjuti pembuatan RPP dan program kerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas X MIA 6 dan kelas X IIS 2.. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, piket KBM, dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, observasi kelas, kegiatan belajar mengajar
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 28 Jul 2016 00:57
Last Modified: 28 Jul 2016 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37805

Actions (login required)

View Item View Item