PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN EDUKATIF AKUNTANSI UNTUK MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMKN 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016

FAJAR NUGRAHA, MARGA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN EDUKATIF AKUNTANSI UNTUK MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMKN 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan Permainan Edukatif Akuntansi untuk Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan kelas XI SMKN 2 Purworejo dan mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan menggunakan Permainan Edukatif Akuntansi untuk pata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI SMKN 2 Purworejo berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi (guru), dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun hanya dilaksanakan hingga tahap Implementation. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, praktisi pembelajaran akuntansi, dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan angket. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan Permainan Edukatif Akuntansi untuk mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI SMKN 2 Purworejo menggunakan model pengembangan (ADDIE) yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation), penelitian hanya dibatasi sampai tahap implementasi dan menghasilkan produk akhir. Tingkat kelayakan media pembelajaran dengan menggunakan Permainan Edukatif Akuntansi untuk mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI SMKN 2 Purworejo berdasarkan penilaian dari : 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,75 yang termasuk kategori Sangat Layak; 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,41 yang termasuk kategori Sangat Layak; 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4,70 yang termasuk kategori Sangat Layak; dan 4) Siswa diperoleh rata-rata skor 4,19 yang termasuk kategori Layak. Dengan demikian media pembelajaran Permainan Edukatif Akuntansi yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Permainan Edukatif Akuntansi, ADDIE, Research and Development
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 28 Jul 2016 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 10:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37799

Actions (login required)

View Item View Item