LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMAN 7 YOGYAKARTA Jl. MT. Haryono 47 Yogyakarta

Nisaaurriza Afifah, Nisaaurriza Afifah (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMAN 7 YOGYAKARTA Jl. MT. Haryono 47 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN FIX.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Program kegiatan PPL di SMA Negeri 7 Yogyakarta, merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan bantuan baik berupa fisik maupun nonfisik dalam merencanakan program dan pembangunan sekolah. Program PPL di SMA Negeri7 Yogyakarta, dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan program yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Selain itu, ada program insidental, di mana program ini merupakan program dari sekolah tetapi mahasiswa turut serta dalam pelaksanaannya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 1 Juli 2014. Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Observasi tersebut meliputi observasi sekolah dan juga terhadap pembelajaran di dalam kelas, praktikan juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran fisika mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas XI MIA 3, XI MIA 4, XI MIA 5, dan XI MIA 6. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, observasi kelas, kegiatan belajar mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 00:47
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37797

Actions (login required)

View Item View Item