LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 SMA N 7 YOGYAKARTA

Riezki Ruliansyah, Riezki Ruliansyah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 SMA N 7 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PPL RIEZKI RULIANSYAH.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan dan mengaplikasikan kemampuan yang dimiliki dalam kehidupan nyata di sekolah. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang masih berlaku untuk kelas XII, serta menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktek keguruan dan atau lembaga kependidikan, serta mengkaji dan mengembangkan praktek keguruan dan praktek kependidikan. Kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Selama mengajar di kelas dan melakukan program kerja bimbingan dan konseling, praktikan tidak mengalami hambatan yang sulit, hanya saat awal pertemuan dikelas memang sedikit agak canggung karena baru pertama kali tampil dikelas, namun setelah masuk untuk kedua, ketiga dan seterusnya praktikan sudah mampu mengendalikan kondisi. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan PPL ini adalah praktikan dapat belajar untuk mengajar dengan baik diperlukan penguasaan materi dan pemilihan metode yang tepat sehingga materi yang disampaikan dapat diterima oleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang sebelum mengajar dan ,elayani siswa. Dari kegiatan ini juga dapat mengetahui bahwa tugas guru Bimbingan dan Konseling tidak hanya mengisi layanan dalam kelas tetapi ada juga tugas administratif siswa dan layan lainnya untuk siswa. Setelah praktikan melaksanakan praktik layanan dalam kelas dan layanan adsministratif Bimbingan dan konseling, guru pembimbing selalu memberikan komentar, masukan, dan saran baik terkait dengan penampilan di kelas, penguasaan peserta didik, maupun tentang ranah kerja bimbingan dan konseling dalam melakukan layanan pada siswa. Hal ini dapat dilakukan karena guru pembimbing selalu mendampingi dan memberi pengawasan kepada praktikan ketika disekolah. Selain dari guru pembimbing, praktikan juga mendapatkan umpan balik dari teman sesama praktikan. Dari diskusi dengan teman sesama praktikan maka praktikan dapat mengetahui karakter kelas dan peserta didiknya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktikan, PPL, peserta didik, guru pembimbing.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 00:45
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37794

Actions (login required)

View Item View Item