Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Pembuatan Kuis Jeopady untuk Meningkatkan Efektivitas Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta

Ahmad, Nurul Kamilla (2016) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Pembuatan Kuis Jeopady untuk Meningkatkan Efektivitas Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413241018.swf

Download (7MB)

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang menjadikan proyek sebagai sarana pembelajaran. Salah satu proyek yang bisa dilakukan dalam pembelajaran adalah membuat kuis Jeopardy. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti pada saat PPL, efektivitas kerja kelompok di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta cenderung rendah, sehingga perlu ditingkatkan agar tidak berpengaruh pada pemahaman siswa akan materi yang disampaikan ataupun prestasi belajar siswa, terutama pada mata pelajaran Sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas kerja kelompok siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan kuis Jeopardy. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian adalah 26 orang siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, angket/kuesioner, dan non tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang mencakup reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan uji keabsahan data, serta analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator yang ditetapkan telah tercapai, yang dapat dijabarkan sebagai berikut: (1) kontribusi siswa didalam kelompok meningkat dari 60% menjadi 85%, (2) ketepatan waktu dari siswa saat menyusun proyek meningkat, dari prosentase 90% menjadi 95%, (3) meningkatnya prosentase dari Kuis Jeopardy yang di hasilkan oleh siswa dari 95% menjadi 100%, serta (4) naiknya nilai kebermanfaatan Kuis Jeopardy yang dihasilkan siswa dalam proses pembelajaran, dari prosentase 70% menjadi 90%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan kuis Jeopardy mampu meningkatkan efektivitas kerja kelompok pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : pembelajaran, proyek, kuis jeopardy, efektivitas, kerja kelompok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 28 Jul 2016 00:34
Last Modified: 30 Jan 2019 10:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37790

Actions (login required)

View Item View Item