Interaksi Sosial Mahasiswa Pendatang Dengan Masyarakat Lokal di Yogyakarta(Kajian Deskriptif di Asrama Mahasiswa AMKT Mangkaliat Yogyakarta)

Oktaviani, Mega (2016) Interaksi Sosial Mahasiswa Pendatang Dengan Masyarakat Lokal di Yogyakarta(Kajian Deskriptif di Asrama Mahasiswa AMKT Mangkaliat Yogyakarta). S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413244005.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara berbaur mahasiswa pendatang dalam berinteraksi dengan masyarakat lokal di Kelurahan Cokrodiningratan RT 13 serta dampak apa saja yang dirasakan oleh mahasiswa dari interaksi yang terjalin dengan masyarakat lokal di sekitar lingkungan asrama tepatnya di RT 13. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Proses analisis data penelitian ini menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan cara berbaur yang dilakukan mahasiswa pendatang dalam proses interaksi dilakukan melalui hal keagamaan, kemampuan dan potensi diri, melalui kegiatan asrama dan kegiatan warga, dan melalui bertegur sapa dengan masyarakat sekitar. Selanjutnya, dampak yang dirasakan oleh mahasiswa pendatang terhadap interaksi yang terjalin dengan masyarakat lokal memberikan dampak yang positif seperti, lebih memudahkan dalam peminjaman alat-alat rumah tangga, lebih ingin mengetahui kebudayaan daerah lain, mengajarkan kehidupan berorganisasi dan bermusyawarah, dan meningkatkan tata karma anak asrama terhadap kehidupan sosial mereka. Mereka mendapatkan banyak pelajaran yang bermanfaat selama tinggal di lingkungan asrama. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Mahasiswa Pendatang, Masyarakat lokal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 28 Jul 2016 00:30
Last Modified: 30 Jan 2019 10:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37788

Actions (login required)

View Item View Item