HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, KELENTUKAN TOGOK DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI TERHADAP GULING DEPAN KELAS IV DAN V SD N KRATON YOGYAKARTA

Rolex Sunan Surya Medari (2016) HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, KELENTUKAN TOGOK DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI TERHADAP GULING DEPAN KELAS IV DAN V SD N KRATON YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROLEX.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menitik beratkan pada hubungan kekuatan otot lengan, kelentukan togok, kekuatan otot tungkai terhadap pembelajaran guling depan kelas IV & V SD Negeri Kraton Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan, kelentukan togok, dan kekutan otot tungkai dengan gerakan guling depan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional dengan meggunakan metode survei tes dan pengukuran dan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa tes kekuatan otot lengan, tes kelentukan togok, tes kekuatan otot tungkai dan tes guling depan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dan V SD N Kraton Yogyakarta dan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 21 dan kelas V yang berjumlah 16 SD N Kraton Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh Hubungan kekuatan otot lengan dan signifikan bernilai positif 0.691, hubungan kelentukan togok dan signifikan bernilai positif 0,331, hubungan kekuatan otot tungkai berpengaruh dan signifikan bernilai positif 0,886, dan hubungan kekuatan otot lengan, keletukan togok, dan kekuatan otot tungkai secara bersama-sama signifikan terhadap guling depan, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketiganya terdapat hubungan yang singnifikan secara bersama-sama terhadap guling depan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hubungan kekuatan otot lengan, kelentukan togok, kekuatan otot Tungkai, guling depan, siswa siswi kelas IV & V.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:09
Last Modified: 30 Jan 2019 10:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37786

Actions (login required)

View Item View Item