HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS JASMANI DENGAN DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2015-2016

Subhan Kholid (2016) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS JASMANI DENGAN DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2015-2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian korelasional ini dilatarbelakangi adanya dugaan rendahnya aktivitas jasmani yang dilakukan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara aktivitas jasmani dengan daya tahan kardiorespirasi. Populasi dari peneltian ini adalah peserta didik kelas VIII, dengan 42 sampel, 21 laki-laki dan 21 perempuan. Penelitian ini menggunakan kuesioner PAQ-A (Physical Activity Quesstionnare for Adolescents) untuk mengetahui tingkat aktivitas jasmani dan menggunakan multistage fitness test untuk mengetahui tingkat daya tahan kardiorespirasi,. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment (Karl Pearson), taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2015-2016, memiliki tingkat aktivitas jasmani yang rendah dan tingkat daya tahan kardiorespirasi yang rendah, yang berarti ada hubungan yang signifikan antara aktivitas jasmani dengan daya tahan kardiorespirasi. Hubungan ini ditunjukkan dengan nilai r = 0,841 (korelasi kuat). Secara statitistik menunjukkan korelasi yang signifikan, karena nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aktivitas jasmani, daya tahan kardiorespirasi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:09
Last Modified: 30 Jan 2019 10:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37772

Actions (login required)

View Item View Item