KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH

Lestiana, Yohan (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning ditinjau dari keterampilan generik sains pada peserta didik SMP kelas VII (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning ditinjau dari sikap ilmiah pada peserta didik SMP kelas VII Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 2 Wates pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan VII D. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Kelompok yang diberikan perlakuan dengan model Problem Based Learning adalah VII D dan kelompok sampel yang tidak diberikan perlakuan adalah VII A. Teknil analisis data menggunakan uji-t independet sampel t-test menggunakan bantuan SPSS 18.0. Keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari keterampilan generik sains dianalisis dengan ukuran efek atau effect size, sedangkan untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran menggunakan nilai rata-rata lembar observasi keterampilan generik sains dan sikap ilmiah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif meningkatkan keterampilan generik dan sikap ilmiah peserta didik, dilihat dari nilai rata-rata kedua kelas yakni pada kelas eksperimen sebesar 72,78dan 71,51. Sedangkan kelas kontrol sebesar 64,45 dan 59,27. Keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari keterampilan generik sains dibuktikan dengan rata-rata gain skor kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Untuk ukuran efek yang diberikan model Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan generik sains sebesar 1,16 termasuk dalam kategori besar. Kata kunci: Problem Based Learning, keterampilan generik sains, sikap ilmiah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 28 Jul 2016 08:33
Last Modified: 30 Jan 2019 10:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37751

Actions (login required)

View Item View Item