PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA (DRIBBLING) PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA di SMP NEGERI 2 TEMPEL, SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016

Muhamad Fadchurrohman (2016) PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA (DRIBBLING) PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA di SMP NEGERI 2 TEMPEL, SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan masalah di lapangan yaitu seringnya kegagalan para pemain SMP Negeri 2 Tempel menguasai bola ataupun melewati lawan dan demikian muncul permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya keterampilan menggiring bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games tehadap keterampilan menggiring bola pada siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 2 Tempel, Sleman Yogyakarta tahun 2015/2016. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Metode penelitian ini merupakan eksperimen semu, one group pretest-posttest design dengan treatment sebanyak 16 kali (Tjalik Sugiardo, 1999: 25). Sampel yang digunakan adalah siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 2 Tempel kelas VII dan VIII. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Short Dribbling Test (Jens Bangsbo dan Magni Mohr, 2012:99). Teknik analisis data menggunakan uji-t before-after (sebelum-sesudah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan small sided games terhadap keterampilan menggiring bola siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 2 Tempel, Sleman Yogyakarta. Apabila dilihat dari rerata pretest sebesar 14,60 dan rerata posttest sebesar 13,83 maka diperoleh angka Mean Difference sebesar 0,77, hal ini menunjukkan bahwa latihan small sided games terhadap keterampilan menggiring bola siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 2 Tempel, Sleman Yogyakarta memberikan perubahan yaitu lebih baik 5,27% dibandingkan sebelum diberikan latihan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: unci : Small sided gamess, Menggiring Bola, Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Negeri 2 Tempel
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:10
Last Modified: 30 Jan 2019 10:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37739

Actions (login required)

View Item View Item