Sari, Astri Nofita (2016) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara pendekatan SETS dan CTL terhadap keterampilan proses siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent comparison-group design. Populasi penelitian diambil dari siswa kelas VIII SMP N 1 Sewon sebanyak 215 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 (Science Environment Technology and Society) dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen 2 (Contextual Teaching and Learning). Instrumen yang digunakan adalah soal pretest, soal posttest dan lembar observasi. Untuk melihat perbedaan keterampilan proses siswa setelah diberi perlakuan digunakan uji Mann Whitney U Test karena pada saat uji prasyarat ada prasyarat yang tidak terpenuhi yaitu data tidak terdistribusi normal. Uji Mann Whitney U Test keterampilan proses siswa menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikasi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses yang signifikan antara kelas yang menggunakan pendekatan SETS dengan kelas yang menggunakan pendekatan CTL. Kata kunci: Pendekatan SETS, Pendekatan CTL, Keterampilan Proses Siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 07:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37738 |
Actions (login required)
View Item |