LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 SMA N 7 YOGYAKARTA

Gisela Aventia Bedewoda, Gisela Aventia Bedewoda (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 SMA N 7 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Isi Laporan Lengkap Gisela Aventia B..pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan dan mengaplikasikan kemampuan yang dimiliki dalam kehidupan nyata di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang masih berlaku untuk kelas XII, serta menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam Praktik keguruan dan atau lembaga kependidikan, serta mengkaji dan mengembangkan Praktik keguruan dan Praktik kependidikan. Kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Selama mengajar di kelas, praktikan tidak mengalami hambatan yang sulit, hanya saat awal pertemuan, praktikan kurang bisa menguasai kelas karena grogi dan sulit menentukan metode yang tepat. Setelah konsultasi dengan guru pembimbing, praktikan mendapatkan arahan tentang metode yang bisa digunakan untuk menguasai kelas. Sehingga pada saat pertemuan selanjutrnya praktikan dapat tampil lebih baik. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan PPL ini adalah praktikan dapat belajar untuk mengajar dengan baik diperlukan penguasaan materi dan pemilihan metode yang tepat sehingga materi yang disampaikan dapat diterima oleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang sebelum mengajar. Dari kegiatan ini juga dapat mengetahui bahwa tugas guru tidak hanya mengajar tetapi ada juga tugas administratif guru. Setelah praktikan melaksanakan praktik mengajar dan ulangan harian, guru pembimbing selalu memberikan komentar, masukan, dan saran baik terkait dengan penampilan di kelas, penguasaan peserta didik, maupun tentang soal-soal yang telah dibuat oleh praktikan agar praktikan bisa tampil dengan baik. Hal ini dapat dilakukan karena guru pembimbing selalu mendampingi dan memberi pengawasan kepada praktikan ketika mengajar. Selain dari guru pembimbing, praktikan juga mendapatkan umpan balik dari teman sesama praktikan. Dari diskusi dengan teman sesama praktikan maka praktikan dapat mengetahui karakter kelas dan peserta didiknya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:59
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37736

Actions (login required)

View Item View Item