LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

AMALIA DWI HIDAYATI, AMALIA DWI HIDAYATI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LEMBAR AWAL PPL.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI LAPORAN.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 7 Yogyakarta yang digunakan sebagai lokasi KKN-PPL terletak di jalan MT. Haryono no 47, Kota Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi, bakat, minat siswa untuk menunjang proses belajar mengajar, serta membantu meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung proses pembelajaran. Pelaksanaan PPL dimulai pada 2 Juli – 17 September 2014, yang diawali dengan observasi ke sekolah pada bulan Februari, perencanaan program, konsultasi program dengan pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program. Kegiatan observasi bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas. Kegiatan selanjutnya adalah persiapan yang berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, serta persiapan fisik dan mental. Kegiatan utamanya adalah pelaksanaan PPL mulai 2 Juli – 17 September dengan materi Fungsi Sosiolgi dari awal sampai ulangan harian. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan yaitu pada siswa kelas X IIS 1 dan kelas X IIS 2. Praktik pengalaman lapangan yang berupa praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 9 kali pertemuan dengan total 27 jam pelajaran. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yaitu berupa kegiatan pembelajaran di kelas . Media yang digunakan dalam kelas di antaranya Power Point, video, animasi, dan perangkat permainan serta LKS. Sedangkan untuk metode atau strategi pembelajaran yang digunakan diskusi, ceramah, dan permainan dengan menggunakan media pembelajaran sederhana.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37730

Actions (login required)

View Item View Item