LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Adhe Premanaafi’ PN, Adhe Premanaafi’ PN (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
LAPORAN.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan atau menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga pendidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui mata kuliah. Pengantar Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Metodologi Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Pengajaran Mikro, dan PPL. PPL adalah kegiatan latihan kependidikan yang bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai tenaga kependidikan yang professional sesuai dengan tugas dan misi universitas. Lokasi praktik melaksanakan PPL adalah di SMA Negeri 7 Yogyakarta yang beralamatkan di Jl. MT Haryono No. 47, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan / mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Praktik mengajar berperan dalam memberi bekal bagi penulis dalam dunia pendidikan pada umumnya dan sebagai guru pada khususnya. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 02 Juli s.d. 17 September 2014. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, Rencana Pokok Pembelajaran, proses belajar mengajar hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan. Adapun saran dari penyusunan agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, bagipihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan, sehingga untuk mahasiswa angkatan selanjutnya dapat memahami dan lebih rajin mempelajari tentang ilmu-ilmu kependidikan supaya kegiatan PPL untuk tahun berikutnya berlangsung lebih baik.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:29
Last Modified: 27 Jul 2016 06:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37729

Actions (login required)

View Item View Item