LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMAN 7 YOGYAKARTA Jl. MT. Haryono 47 Yogyakarta

Acintya Nurmaya, Acintya NurmayaAcintya Nurmaya (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMAN 7 YOGYAKARTA Jl. MT. Haryono 47 Yogyakarta. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
1. cover,halaman pengesahan,kata pengantar, daftar pustaka abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1- 3.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Program kegiatan PPL di SMA Negeri 7 Yogyakarta, merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat dalam bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan bantuan baik berupa fisik maupun non fisik dalam merencanakan program dan pembangunan sekolah. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 30 Juni 2014 (tahun ajaran baru 2014/2015). Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Observasi tersebut meliputi observasi sekolah dan juga terhadap pembelajaran di dalam kelas, praktikan juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran Geografi mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap DPL PPL untuk menindaklanjuti pembuatan RPP dan program kerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas XI IIS dan mengisi kelas untuk pendampingan yaitu kelas X, XI dan XII. Pengenalan karakteristik peserta didik juga perlu untuk memberikan media, metode, dan strategi yang tepat supaya materi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, membantu dalam administrasi sekolah dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, observasi kelas, kegiatan belajar mengajar
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:26
Last Modified: 27 Jul 2016 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37727

Actions (login required)

View Item View Item