ANALISIS TINGKAT KEDISIPLINAN ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK SE-GUGUS PELANGI KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA

Wiwin, Andriyani (2016) ANALISIS TINGKAT KEDISIPLINAN ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK SE-GUGUS PELANGI KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi 'Analisis Tingkat Kedisiplinan Anak Kelompok B di TK Se-Gugus Pelangi Kecamatan Tegalrejo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisipliana anak kelompok B di TK Se-Gugus Pelangi Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. Penelitian dilatarbelakangi karena 50% anak masih datang terlambat ketika berangkat ke sekolah, masih ada anak yang tidak mau berbaris ketika memasuki ruang kelas, dan masih ada anak yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B taman kanak-kanak Se-Gugus Pelangi Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta yang berjumlah 100 anak. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampel random. Metode pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar pengamatan dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Data hasil penelitian disajikan dalam bentuk histogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan anak kelompok B di TK Se-Gugus Pelangi Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta yaitu datang ke sekolah, berpakaian sesuai atribut sekolah, berbaris memasuki ruang kelas, bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, membuang sampah pada tempatnya, berdoa setelah selesai belajar, merapikan tempat duduk setelah digunakan, dan antri keluar kelas ketika akan pulang sebagian besar berada pada kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Secara keseluruhan dari 8 aspek dapat dilihat bahwa kedisiplinan anak kelompok B di TK Se-Gugus Pelangi Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta dari 100 anak tidak ada yang berada pada kategori Belum Berkembang (BB), 9 anak atau sebesar 9% berada pada kategori Mulai Berkembang (MB), 17 anak atau sebesar 17% berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 74 anak atau sebesar 74% berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Kata kunci: kedisiplinan, anak TK Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:25
Last Modified: 30 Jan 2019 10:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37726

Actions (login required)

View Item View Item