Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Project Based Learning pada Materi Program Linear Untuk Siswa Kelas X SMK

Astuti, Winda Dwi and Wutsqa, Dhoriva Urwatul (2016) Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Project Based Learning pada Materi Program Linear Untuk Siswa Kelas X SMK. S1 thesis, UNY.

[img] Text
awal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan Project Based Learning pada materi Program Linear untuk siswa Kelas X SMK yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Pada tahap analysis, peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakteristik siswa. Pada tahap design, peneliti mengumpulkan buku referensi, menyusun rancangan bahan ajar, serta menyusun instrumen penilaian bahan ajar. Pada tahap development, peneliti mengembangkan bahan ajar sesuai dengan desain awal, menilai kualitas bahan ajar, dan melakukan revisi awal. Pada tahap implementation, RPP dan LKS diujicobakan dalam pembelajaran di kelas X MM SMK Piri 3 Yogyakarta. Pada tahap evaluation, dilakukan evaluasi terhadap bahan ajar yang telah diujicobakan. Instrumen yang digunakan adalah: (1) instrumen untuk mengukur kevalidan, meliputi lembar validasi; (2) instrumen untuk mengukur kepraktisan, meliputi lembar penilaian guru, lembar respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (3) instrumen untuk mengukur keefektifan, meliputi tes prestasi. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi skor yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Analisis keefektifan dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan siswa pada tes prestasi. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar matematika berupa RPP dan LKS yang valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas RPP dan LKS yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat baik dengan skor kevalidan adalah 270 dan LKS memenuhi kriteria sangat baik dengan skor kevalidan adalah 155. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian guru memenuhi kriteria sangat baik, aspek kepraktisan berdasarkan penilaian siswa memenuhi kriteria sangat baik, sedangkan aspek kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor kepraktisan yaitu 86% dengan kriteria sangat baik.. Sementara itu, untuk aspek keefektifan berdasarkan persentase ketuntasan belajar adalah 87%, sehingga bahan ajar yang dihasilkan efektif digunakan. Kata kunci: pengembangan, RPP, LKS, project based learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:19
Last Modified: 30 Jan 2019 10:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37704

Actions (login required)

View Item View Item