PENGARUH AKTIVITAS PERMAINAN SEPAKBOLAEMPATGAWANG TERHADAP KESEGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MILIRAN

Asngari (2016) PENGARUH AKTIVITAS PERMAINAN SEPAKBOLAEMPATGAWANG TERHADAP KESEGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MILIRAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FULL 1 2 3 4 5 LAMPRAN fixxxx.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan teknologi dan informasi yang mengakibatkan aktivitas gerak anak berkurang, terbatasnya sarana dan prasarana di sekolah dasar Muhammadiyah Miliran, perlunya model permainan sepakbola disesuaikan dengan karakteristik anak usia sekolah dasar, serta belum diketahuinya pengaruh aktivitas permainan sepakbola empat gawang terhadap kesegaran jasmani siswa putra kelas V SD Muhammadiyah Miliran, Kota Yogyakarta, DIY.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aktivitas permainan sepakbola empat gawang terhadap kesegaran jasmani siswa putra kelas V SD Muhammadiyah Miliran Kota Yogyakarta, DIY. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi exsperiment). Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu “one group pretestposttest design”. Subjek Penelitian ini siswa putra kelas V SD Muhammadiyah Miliran dengan jumlah 15 anak. Instrumen yang digunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) usia 10-12 tahun. Waktu pelaksanaan treatment selama 12 kali pertemuan dengan aktivitas permainan sepakbola empat gawang. Teknik analisis data menggunakan uji t melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kesegaran jasmani siswa putra SD Muhammadiyah Miliran, Kota Yogyakarta, DIY. Hasil penelitan ini disimpulkan dari hasil beda rata-rata menggunakan repairedt test dengan hasil menunjukkan nilai t hitung -6.388berada di luar daerah penerimaan Ho yaitu -2,160 sampai dengan2,160 adapun nilai signifikansi 0,000< 0,05. Dari hasil tersebut t hitung berada di luar daerah penerimaaan Ho, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.Hasil tersebut menunjukan bahwa Ha (Hipotesis alternatif) yang berbunyi “ada pengaruh aktivitas permainan sepakbola empat gawang terhadap kesegaran jasmani siswa putra kelas V SD Muhammadiyah Miliran, Kota Yogyakarta, DIY diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesegaran jasmani, TKJI, sepakbola empat gawang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:06
Last Modified: 30 Jan 2019 10:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37697

Actions (login required)

View Item View Item