PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN

Bagaswara,, Adhiasa (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
ADHIASA BAGASWARA 07503241025.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN Penelitian ini dengan Powerpoint pada mata diklat pembelajaran Powerpoint Muhammadiyah Prambanan Sleman dalam media pembelajaran. Penelitian ini Development) yang dilakukan di Muhammadiyah Prambanan Sleman media pembelajaran Pengumpulan data dilakukan menggunakan (pretest & postest). deskriptif kualitatif, membandingkan hasil media Powerpoint dan yang tidak Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan sedangkan tahapan rancangan pengembangan media yang dilakukan menetapkan mata pelajaran yang penelitian pendahuluan (5) mengembangkan bentuk produk (7) analisis; (8) revisi I analisis hasil uji coba besar; (13) analisis has (15) produk akhir. kelayakan menurut ahli media pembelajaran 83,3%, ahli materi dengan diklat dengan persentase total total sebesar 87% dan uji 91,67%. Media pembelajaran dengan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dapat disimpulkan bahwa dikembangkan layak digunakan diklat Gambar Teknik Kata kunci : Media Pembelajaran vii ABSTRAK oleh: Adhiasa Bagaswara NIM. 07503241025 enelitian bertujuan: (1) merancang dan membuat media pembelajaran Gambar Teknik; (2) menghasilkan produk untuk mata diklat Gambar Teknik yang layak untuk diterapkan sebagai merupakan jenis penelitian pengembangan ( ) Jurusan Teknik Pemesinan Sleman. Objek penelitian ini berupa pengembangan dengan Powerpoint pada mata diklat Gambat Teknik kuesioner (angket) . Teknik analisis data dilakukan menggunakan dan uji coba penerapan media dilakukan dengan pretest & postest dari dua kelompok yang menggunakan menggunakan media Powerpoint. akan dikembangkan medianya ndahuluan; (3) pembuatan desain software; (4) pengumpulan bahan produk; (6) validasi oleh ahli media dan ahli materi; I/revisi produk awal; (9) uji coba kelompok kecil; kelompok kecil; (11) revisi II; (12) uji coba kelompok hasil uji kelompok besar; (14) uji efektifitas/penerapan . Media pembelajaran dinyatakan layak dengan persentase total sebesar persentase total sebesar 79,5%, penilaian sentase 90,9%, hasil uji kelompok kecil dengan coba kelompok besar dengan persentase total sebesar %. Powerpoint ini telah teruji keefektifannya sebesar 179,6%. Dari hasil uji di atas media pembelajaran dengan Power an sebagai pendukung pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran, Powerpoint, dan Mata Diklat Gambar Teknik enghasilkan di SMK Research and urusan SMK ek Teknik. dan soal tes analisis cara Powerpoint yaitu: (1) medianya; (2) melakukan bahan; (10) I; penerapan; dan berdasarkan uji , guru mata persentase sentase Powerpoint yang untuk mata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 27 Jul 2016 02:26
Last Modified: 27 Jul 2016 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37696

Actions (login required)

View Item View Item