Anam, Nurul (2012) Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Semester III PTAI (Perguruan Tinggi Agama Islam). S2 thesis, UNY.
Text
tesis-nurul-anam-09707251017.swf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-learning Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Semester III STAI Al-Qodiri, (2) mengetahui kualitas e-learning Mata Kuliah Psikologi Pendidikan sebagai media pembelajaran, dan (3) mengetahui efektifitas perkuliahan Mata Kuliah Psikologi Pendidikan menggunakan e-learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan on-going evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi ahli media dan ahli materi untuk mengevaluasi produk e-learning psikologi pendidikan (tes alpha). Setelah dilakukan revisi produk awal, maka dilakukan tes beta yang melibatkan mahasiswa untuk mengetahui kekurangan kemudian direvisi pada tingkat akhir. Setelah itu dilakukan tes sumatif untuk mengetes e-learning psikologi pendidikan dalam pembelajaran nyata. Tes beta dan sumatif melibatkan mahasiswa. Mahasiswa peserta tes beta sebanyak 3 orang. Pada tahap tes sumatif melibatkan 41 mahasiswa semester III yang dibagi menjadi dua kelas yaitu masing-masing kelas terdiri dari 20 mahasiswa dan 21 mahasiswa. Satu kelas yang terdiri dari 20 mahasiswa adalah sampel kelas dengan media e-learning psikologi pendidikan dan satu kelas yang yang terdiri dari 21 mahasiswa menggunakan media presentasi Power Point. Hal ini dibuat untuk mengetahui efektifitas perkuliahan psikologi pendidikan yang menggunakan media e-learning dari pada kelas yang menggunakan Power Point. Hasil penelitian menunjukkan: (1) e-learning psikologi pendidikan yang dihasilkan yaitu sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) online yang dibuat dengan software aplikasi Moodle. E-learning psikologi pendidikan menyajikan materi-materi perkuliahan psikologi pendidikan, terutama standar kompetensi dari kompetensi dasar ke-6 beserta modul, Power Point dan tes quiznya, (2) e-learning psikologi pendidikan layak sebagai media perkuliahan psikologi pendidikan berdasarkan validasi ahli media, ahli materi dan mahasiswa, kelayakannya mencapai rerata skor 3,94 (kategori “baik”), (3) efektifitas perkuliahan psikologi pendidikan lebih baik dari pada kelas yang menggunakan Power Point berdasarkan pencapaian hasil prestasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-learning, psikologi pendidikan, PTAI |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 02:22 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37695 |
Actions (login required)
View Item |