LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA Jl. Kenari no. 71 Yogyakarta, 2 Juli- 17 September 2014

Reza Pahlawan, Reza Pahlawan (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA Jl. Kenari no. 71 Yogyakarta, 2 Juli- 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Laporan Reza.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
isi Laporan Reza.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan Universitas negeri yogyakarta sebagai salah satu syarat menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.Lokasi praktikan melaksanakan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah di SMK N 5 Yogyakarta. Kelulusan mata kuliah pengajaran mikro adalah sebagai syarat mahasiswa mengikuti pelaksanaan praktik pengalaman lapangan. Observasi ke lokasi, yaitu di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Pelaksanaan PPL individu dimulai pada tanggal 22 februari – 17 sebtember 2014 sebelum penyerahan mahasiswa di serahkan dari dosen pembimbing lapangan kepada pihak sekolah. Dalam praktek pengalaman lapangan ini praktik mengampu mata plajaran Desain produk Kelas 1 dan 2. Praktek belajar mengajar dilaksanakan 2 kali dalam seminggu, yaitu hari, kamis, dan jum’at dan Setiap satu kali tatap muka hari kamis 6 jam sedangkan hari jum’at 4jam pelajaran, dan untuk pendampingan kelas 2 hari sabtu 8 jam sedangkan rabu 6 jam. Program kerja yang dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan lancar. kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang diwujudkan dalam bentuk buku kerja guru, proses belajar mengajar hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Kendala yang dihadapi dalam praktek pengalaman lapangan dapat dilalui. Praktikan menyadari banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman setelah melaksanakan praktik pengalaman lapangan, dan diharapkan kegiatan ppl yang telah dilakukan menjadikan praktikan sebagai sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jul 2016 02:06
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37687

Actions (login required)

View Item View Item