Pengembangan E-learning Mata Diklat Sains SMP Menggunakan Learning Management System di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Papua

Jarni, Jarni (2012) Pengembangan E-learning Mata Diklat Sains SMP Menggunakan Learning Management System di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Papua. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jarni-10707251007.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk e-learning mata diklat sains SMP dengan menggunakan LMS Moodle, (2) mengetahui kelayakan e-learning yang dikembangkan sebagai media pembelajaran bagi guru di Provinsi Papua, dan (3) mengetahui keberhasilan peningkatan kompetensi guru mata pelajaran sains SMP dengan menggunakan LMS Moodle. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang secara umum melalui lima tahapan, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Lokasi penelitian di LPMP Provinsi Papua. Subjek penelitian adalah guru-guru MGMP sains SMP di Jayapura. Uji alpha oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Peserta uji beta berjumlah enam orang. Uji coba produk oleh sembilan orang guru menggunakan e-learning dan empat belas orang guru menggunakan Power Point. Pengumpulan data menggunakan instrumen yang di validasi oleh ahli materi, dan ahli media, serta tanggapan produk oleh pengguna (widyaiswara dan guru/peserta diklat). Untuk mengetahui efektivitas e-learning terhadap kompetensi hasil belajar guru dilaksanakan pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah: (1) Produk pengembangan e-learning bernama elearning SAGU LPMP Provinsi Papua dengan Mata Diklat Sains “Sistem Peredaran Darah pada Manusia”, (2) e-learning yang dihasilkan layak sebagai media pembelajaran diklat online berdasarkan validasi ahli materi skor rerata 4,43 (sangat baik) dari skor maksimal 5, validasi ahli media rerata 3,84 (baik), validasi oleh widyaiswara dan guru pada uji beta skor rerata 3,90 (baik), uji produk oleh guru dengan skor rerata 3,95 (baik), (3) efektivitas e-learning SAGU LPMP Provinsi Papua yang didasarkan pada hasil uji kompetensi pretest dan posttes menunjukkan bahwa kelompok MGMP Sains di Jayapura yang menggunakan produk e-learning dalam pembelajaran mampu menaikkan nilai postest 75,7 dari pretest 61,6, sedangkan kelompok MGMP Sains Jayapura yang melaksanakan pembelajaran diklat secara konvesional dengan menggunakan media pembelajaran Power Point mampu menaikkan nilai postest 82,9 dari pretest 68,1. Pembelajaran diklat secara online menggunakan e-learning unggul dari segi penghematan pembiayaan, fleksibilitas waktu dan tempat, ketersediaan instruktur, serta peserta diklat dapat belajar mandiri sesuai keinginan, kemampuan dan kesempatan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, mata diklat sains, LMS Moodle
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2016 01:55
Last Modified: 29 Jan 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37686

Actions (login required)

View Item View Item