HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DAN SISWA YANG TINGGAL DI RUMAH SENDIRI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Najib, Bahrun (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DAN SISWA YANG TINGGAL DI RUMAH SENDIRI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241003.swf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Full 12416241003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa yang tinggal di pesantren, (2) hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa yang tinggal di rumah sendiri, dan (3) perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah sendiri. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII,VIII dan IX Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Wonokromo Bantul, yang terdiri dari siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal di rumah sendiri. Siswa yang tinggal di pesantren sejumlah 184 dan siswa yang tinggal di rumah sendiri sejumlah 390, sehingga bila di jadikan satu jumlah keseluruhan populasi adalah 574. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus yang dikemukakan oleh Isaac dan Michael sehingga diperoleh hasil 124 siswa yang tinggal di pesantren dan 193 siswa yang tinggal di rumah sendiri. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner diuji validitas oleh para ahli (expert judgment) yaitu satu dosen narasumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan independent uji test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa yang tinggal di pesantren ditunjukkan dengan nilai korelasi r hitung sebesar 0,761lebih besar dari koffisiensi r tabel sebesar 0,176 pada taraf signifikansi 5% atau p-value sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis diterima; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan anatara lingkungan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa yang tinggal di rumah sendiri, ditunjukkan dengan nilai korelasi r hitung sebesar 0,768 lebih besar dengan koefisien r tabel sebesar 0,138 pada taraf signifikansi 5% atau P-value sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis diterima.; (3) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara prestasi belajar IPS siswa yang tinggal di pesantren dengan prestasi belajar IPS siswa yang tinggal di rumah sendiri, ditunjukkan dengan nilai komparasi dapat diketahui dari t hitung sebesar (2,863) dimana t hitung lebih besar dari t tabel (1,960) sehingga hipotesis diterima. Kata kunci: Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Jul 2016 01:03
Last Modified: 27 Jul 2016 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37670

Actions (login required)

View Item View Item