KESULITAN-KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS NON-REGULER PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

damayanti, ainna (2016) KESULITAN-KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS NON-REGULER PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241033.swf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Full 12416241033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran menimbulkan kesulitan belajar IPS yang disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor intern dan ekstern kesulitan belajar IPS pada peserta didik kelas non-reguler. Metode dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas non-reguler SMP N 15 Yogyakarta yang berjumlah 393 responden, jumlah sampel sebanyak 99, menggunakan teknik sampel proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner. Validasi instrumen dengan expert judgment. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan belajar pada faktor intern dan ekstern. Faktor intern yang menimbulkan kesulitan belajar pada peserta didik kelas non-reguler SMP Negeri 15 Yogyakarta, yaitu: faktor minat mengalami kesulitan sebesar (71,63%) disebabkan oleh enggannya peserta didik dalam mengerjakan soal, dan kurang dalam membaca referensi materi; faktor emosi (82,73%) disebabkan oleh peserta didik cepat bosan apabila pelajaran IPS dimulai dan timbulnya rasa malas karena tidak bisa mengontrol diri; cara belajar (69,12%) disebabkan oleh peserta didik belum mampu secara runtut menjawab pertanyaan dari guru, peserta didik merasa kesulitan dalam mengungkapkan hal yang belum dimengertinya dan belum melaksanakan belajar kelompok. Faktor eksternal yaitu: faktor metode mengajar (67,71%), disebabkan oleh guru kurang memaksimalkan kegunaan laboratorium IPS dan guru membanding-bandingkan antar peserta didik; perhatian (66,77%) disebabkan oleh kurangnya pendampingan belajar oleh orang tua dirumah dan kesulitan dalam memahami kata-kata guru dalam menyampaikan materi; sedangkan faktor guru dan interaksinya terhadap peserta didik (78,5%) disebabkan oleh faktor guru yang belum bersikap penuh perhatian dalam penyampaian materi. Kata kunci: kesulitan belajar, kelas non-reguler, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Jul 2016 00:57
Last Modified: 30 Jan 2019 10:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37665

Actions (login required)

View Item View Item