Esa Adi Nugroho, Esa Adi Nugroho (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Nama Lokasi: SMK Negeri 5 Yogyakarta Jl. Kenari no. 71 Yogyakarta. Kodepos, 55165,Telp. 0274-513462. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
cover Laporan PPL Esa p.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
LAPORAN PPL ESA p.pdf Download (654kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa UNY jurusan S1 untuk memperoleh gelar sarjana kependidikan. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diharapakan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam melakukan kegiatan mengajar dalam kelas, sehingga akan menjadikan calon pendidik yang profesional dan tanggap dalam mengikuti perkembangan ilmu pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMKN 5 Yogyakarta, tepatnya di JL. Kenari Yogyakarta ini dimulai pada tanggal 2 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Sebelum melakukan PPL mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMKN 5 Yogyakarta. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 Februari sampai dengan 6maret 2014. Dengan adanya observasi ini mahasiswa dapat mengetahui kondisi nyata situasi kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam kelas yang dilakukan oleh Guru. Sehingga berbagai data terkait proses kegiatan pembelajaran dapat diperoleh mahasiswa diantaranya media yang digunakan dalam KBM, potensi siswa dalam kelas, faktor penghambat kegiatan KBM dll. Data tersebut dapat digunakan sebagai modal untuk mempersiapkan kegiatan mengajar selama PPL. Dalam kegiatan PPL ini penulis memperoleh mata pelajaran kompetensi Pengetahuan Bahan. Mata pelajaran ini adalah mata pelajaran teori yang diberikan pada kelas X DKV A dan X DKV B. selain itu, penulis juga mendapat kesempatan untuk pendampingan guru mengajar di kelas XII DKV A dan XII DKV B. Dengan selesainya kegiatan PPL ini mahasiswa dapat mengembangkan potensi-potensi dalam dirinya sebagai calon tenaga pendidik. Sehingga nantinya dapat menjadi guru yang profesional di bidangnya dan senantiasa mampu mengembangkan metode-metode dalam pelaksanaan kegiatan KBM secara optimal.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 01:00 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |