PERBEDAAN METODE MAKE A MATCH DAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 1 PAKEM SLEMAN

Astuti, Pitri Dwi (2016) PERBEDAAN METODE MAKE A MATCH DAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 1 PAKEM SLEMAN. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416244010m.swf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Full 12416244010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Metode ceramah masih mendominasi pembelajaran di kelas sehingga keaktifan siswa pada pembelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan penerapan metode Make a Match dan metode Everyone is Teacher Here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMP N 1 Pakem Sleman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Simple Random Sampling yaitu dipilih dengan cara pengundian. Setelah dilakukan pengundian terpilihlah kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis independet t-test untuk perhitungan angket akhir dan gain score angket (selisih antara angket awal dan angket akhir). Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penerapan metode Make a Match dan metode Everyone is Teacher Here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMP N 1 Pakem Sleman. Letak perbedaan pada penelitian ini yaitu hasil score angket pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Metode yang lebih baik digunakan dalam meningkatkan keaktifan siswa SMP N 1 Pakem yaitu metode Everyone is Teacher Here. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t (independent t-tes) gain score angket yang menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (3,443>2,388) dan dilihat dari nilai probabilitas (sig) 0,000<0,05. Kata kunci: Metode Make a Match, Metode Everyone is Teacher Here, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Jul 2016 00:49
Last Modified: 30 Jan 2019 10:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37659

Actions (login required)

View Item View Item