Astuti, Pitri Dwi (2016) PERBEDAAN METODE MAKE A MATCH DAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 1 PAKEM SLEMAN. S1 thesis, FIS.
![]() |
Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416244010m.swf Download (1MB) |
![]() |
Text
Skripsi Full 12416244010.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Metode ceramah masih mendominasi pembelajaran di kelas sehingga keaktifan siswa pada pembelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan penerapan metode Make a Match dan metode Everyone is Teacher Here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMP N 1 Pakem Sleman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Simple Random Sampling yaitu dipilih dengan cara pengundian. Setelah dilakukan pengundian terpilihlah kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis independet t-test untuk perhitungan angket akhir dan gain score angket (selisih antara angket awal dan angket akhir). Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penerapan metode Make a Match dan metode Everyone is Teacher Here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMP N 1 Pakem Sleman. Letak perbedaan pada penelitian ini yaitu hasil score angket pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Metode yang lebih baik digunakan dalam meningkatkan keaktifan siswa SMP N 1 Pakem yaitu metode Everyone is Teacher Here. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t (independent t-tes) gain score angket yang menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (3,443>2,388) dan dilihat dari nilai probabilitas (sig) 0,000<0,05. Kata kunci: Metode Make a Match, Metode Everyone is Teacher Here, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 00:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |