PERBEDAAN METODE MAKE A MATCH DAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 1 PAKEM SLEMAN

Astuti, Pitri Dwi (2016) PERBEDAAN METODE MAKE A MATCH DAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 1 PAKEM SLEMAN. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416244010m.swf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Full 12416244010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Metode ceramah masih mendominasi pembelajaran di kelas sehingga keaktifan siswa pada pembelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan penerapan metode Make a Match dan metode Everyone is Teacher Here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMP N 1 Pakem Sleman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Simple Random Sampling yaitu dipilih dengan cara pengundian. Setelah dilakukan pengundian terpilihlah kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis independet t-test untuk perhitungan angket akhir dan gain score angket (selisih antara angket awal dan angket akhir). Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penerapan metode Make a Match dan metode Everyone is Teacher Here dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMP N 1 Pakem Sleman. Letak perbedaan pada penelitian ini yaitu hasil score angket pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Metode yang lebih baik digunakan dalam meningkatkan keaktifan siswa SMP N 1 Pakem yaitu metode Everyone is Teacher Here. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t (independent t-tes) gain score angket yang menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (3,443>2,388) dan dilihat dari nilai probabilitas (sig) 0,000<0,05. Kata kunci: Metode Make a Match, Metode Everyone is Teacher Here, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Jul 2016 00:49
Last Modified: 27 Jul 2016 00:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37659

Actions (login required)

View Item View Item