Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII di SMP N 3 Sleman

Lestari, Noviana Wahyu Dwi (2016) Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII di SMP N 3 Sleman. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SkripsiFull_12416244014.swf

Download (5MB)
[img] Text
SkripsiFull_12416244014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 3 Sleman dilihat dari segi internal; dan (2) faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 3 Sleman dilihat dari segi eksternal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Sleman tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 193 orang. Sampel penelitian sebanyak 133 orang, ditentukan dengan nomogram Harry King. Sampel setiap kelas 22 orang ditentukan dengan teknik propotional random sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Tingkat validitas diketahui dengan pendapat para ahli (expert judgment), sedangkan tingkat reliabilitas diketahui dengan rumus Alpha. Analisis data dengan menghitung skor faktor kesulitan belajar siswa dari kuesioner penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor kesulitan belajar siswa dari segi internal pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII di SMP N 3 Sleman dengan skor paling rendah adalah kesiapan yang disebabkan siswa kurang belajar materi IPS apabila besok ada pelajaran tersebut, siswa kurang percaya diri terhadap diri sendiri, siswa tidak mengulangi materi sebelumnya, siswa kurang paham mengenai pembelajaran yang diajarkan sebelumnya; dan (2) faktor kesulitan belajar siswa dari segi eksternal pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII di SMP N 3 Sleman dengan skor paling rendah adalah faktor masyarakat yang disebabkan siswa kurang berdiskusi dengan teman di lingkungannya mengenai pembelajaran IPS, tidak banyak kegiatan yang berhubungan dengan pelajaran IPS di sekitar lingkungan tempat tinggal siswa, dan siswa kurang berdiskusi dengan siswa lain sekolah mengenai pembelajaran IPS dan memecahkan masalah. Kata Kunci: Faktor-faktor Kesulitan Belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Jul 2016 00:44
Last Modified: 30 Jan 2019 10:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37656

Actions (login required)

View Item View Item