LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA Jl. Kenari no. 71 Yogyakarta, 2 Juli- 17 September 2014

Ahdiny Nur Wulandari Suryana, Ahdiny Nur Wulandari Suryana (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA Jl. Kenari no. 71 Yogyakarta, 2 Juli- 17 September 2014. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dftar Isi, Pengesahan dhiny.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi Laporan PPL.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa UNY jurusan S1 untuk memperoleh gelar sarjana kependidikan. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diharapakan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam melakukan kegiatan mengajar dalam kelas, sehingga akan menjadikan calon pendidik yang profesional dan tanggap dalam mengikuti perkembangan ilmu pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMKN 5 Yogyakarta, tepatnya di JL. Kenari Yogyakarta ini dimulai pada tanggal 2 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Sebelum melakukan PPL mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMKN 5 Yogyakarta. Observasi. Dengan adanya observasi ini mahasiswa dapat mengetahui kondisi nyata situasi kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam kelas yang dilakukan oleh Guru. Sehingga berbagai data terkait proses kegiatan pembelajaran dapat diperoleh mahasiswa diantaranya media yang digunakan dalam KBM, potensi siswa dalam kelas, faktor penghambat kegiatan KBM dll. Mahasiswa pun dapet mengerti seluruh system administrasi Kurulum 2014 dan memberikan pengaplikasian yang telah dipelajari selama berada di bangku kuliah. Data tersebut dapat digunakan sebagai modal untuk mempersiapkan kegiatan mengajar selama PPL. Dalam kegiatan PPL ini penulis memperoleh mata pelajaran Desain Produk yang di fokuskan Pengajaran di kulikulim 2013 yang di terapkan di Kelas X Keramik A. Mata pelajaran Perakitik ini adalah mata pelajaran Praktek yang diberikan pada, XI Keramik B, XII Keramik A dan XII Keramik B dengan pendampingan membuat desain dan membuat benda keramik dengan berbagai teknik. Dengan selesainya kegiatan PPL ini mahasiswa dapat mengembangkan potensi-potensi dalam dirinya sebagai calon tenaga pendidik. Sehingga nantinya dapat menjadi guru yang profesional di bidangnya dan senantiasa mampu mengembangkan metode-metode dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 27 Jul 2016 00:39
Last Modified: 27 Jul 2016 00:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37652

Actions (login required)

View Item View Item