LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI GEMBONGAN Jalan Wates Km.19 Klebakan, Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo Yogyakarta

Ahmad Faozan, Ahmad Faozan (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI GEMBONGAN Jalan Wates Km.19 Klebakan, Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo Yogyakarta. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
13 AHMAD FAOZAN 11604224049.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) dilaksanakan guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan maupun sebagai upaya persiapan untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat. PPL II merupakan kelanjutan dari PPL I yang dilakukan bersama kelompok kecil dengan kegiatan micro teaching. PPL II ini dilaksanakan pada semester khusus tahun 2014, dari bulan Juli- September 2014. SD Negeri Gembongan merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2014. Tujuan dari program PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial, dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam idang keguruan atau pendidikan; memahami seluk-beluk sekolah dengan segala permaasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL ini adalah mengajar di kelas selama kurang lebih dua setengah bulan, dimulai dari tanggal 2 Juli sampai 14 September 2014. Sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan di kelas, praktikan menyusun perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lainnya. Dari pelaksanaan kegiatan PPL II, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi sebagai guru kelas, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran maupun administrasi sekolah, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah terkait, utamanya SD N Gembongan Kelompok 276.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 26 Jul 2016 09:00
Last Modified: 26 Jul 2016 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37651

Actions (login required)

View Item View Item