LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA 1

Siti Mumtazah Nurhadifah, Siti Mumtazah Nurhadifah (2014) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover kapeng abstrak DIFA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-III DIFA FIX.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa program S1 di Universitas Negeri Yogyakarta yang pelaksanaannya dilakukan di sekolah/madrasah atau lembaga. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dapat mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bersama dengan mitra sekolah/madrasah atau lembaga adalah suatu model praktik dalam penyiapan calon guru/tenaga kependidikan yang diharapkan memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri menjadi insan yang bertakwa, mandiri dan cendekia serta memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Disamping itu dengan pelaksanaan PPL diharapkan dapat mendukung pengembangan sekolah/ lembaga. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan mulai 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014, ada dua program yang dilaksanakan yaitu program kelompok dan program individu. Dari berbagai hasil observasi tentang kondisi sekolah maka disusun beberapa program kerja yang terbagi menjadi program kerja kelompok, program kerja individu dan program kerja insidental/penunjang, yaitu: membantu pendampingan ekstrakurikuler Bahasa Prancis kelas X, melakukan observasi di kelas, persiapan menyusun perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di kelas sampai pada evaluasi terhadap pembelajaran. Selama kegiatan PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar di kelas, baik yang bersifat teori maupun praktik. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi adanya semangat, motivasi, dari guru pembimbing lapangan dan guru-guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:47
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37644

Actions (login required)

View Item View Item