ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN ASPEK PSIKOMOTOR DAN KESESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA/SMK MITRA UNY

Jefri Hermawan (2016) ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN ASPEK PSIKOMOTOR DAN KESESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA/SMK MITRA UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JEFRI HERMAWAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh narasi materi pembelajaran dalam RPP khususnya pada aspek psikomotor mengajarkan teknik dasar dalam suatu permainan olahraga. Selain itu dari pengamatan peneliti dari sebagian SMA/SMK mitra UNY, materi pembelajaran yang diajarkan pada siswa juga mengarah teknik dasar suatu permainan olahraga. Berdasarkan permasalahan tersebut maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan psikomotorik yang diajarkan dan kesesuaiannya antara materi dengan kurikulum yang digunakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian analisis dokumen (analisis isi). Populasi dalam penelitian ini yaitu guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA/SMK mitra UNY. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar dokumentasi yang telah divalidasi oleh 3 expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 55% guru cenderung memunculkan tahap kemampuan perseptual, sedangkan tahap gerakan terampil memiliki persentase sebesar 42%. Dalam sebuah RPP guru cenderung memunculkan 2 tahap psikomotorik yaitu sebanyak 59,09%. Tahap psikomotorik kemampuan perseptual juga cenderung muncul dalam materi permainan bola besar yaitu sebesar 56%. Pada kurikulum 2006 tahap psikomotorik kemampuan perseptual dan gerakan terampil memiliki persentase kecenderungan yang sama yaitu 50%. Kemampuan perseptual mendominasi pada kurikulum 2013 yaitu sebesar 60%. Pembelajaran psikomotorik dengan kurikulum yang digunakan juga menunjukkan kesesuaian yaitu sebesar 73% sesuai dengan kompetensi dasar dan 77% sesuai dengan indikator.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tahap psikomotorik, pembelajaran, kurikulum
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:35
Last Modified: 30 Jan 2019 10:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37637

Actions (login required)

View Item View Item