ANALISIS KALIMAT AKTIF DAN PASIF PADA RUBRIK OPINI DALAM SURAT KABAR HARIAN SUARA MERDEKA BERITA EKONOMI-BISNIS BULAN AGUSTUS 2014

Apriliani, Dewi (2016) ANALISIS KALIMAT AKTIF DAN PASIF PADA RUBRIK OPINI DALAM SURAT KABAR HARIAN SUARA MERDEKA BERITA EKONOMI-BISNIS BULAN AGUSTUS 2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dewi Apriliani 09210144032.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti analisis kalimat aktif dan pasif pada kolom EkonomiBisnis edisi Agustus 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kalimat aktif dan pasif, berdasarkan jenisnya, strukturnya, dan cara mengubahnya yang terdapat pada koran Suara Merdeka kolom Ekonomi-Bisnis edisi Agustus 2014. Subjek penelitian ini adalah koran Suara Merdeka kolom Ekonomi-Bisnis bulan Agustus 2014. Objek dari penelitian ini adalah kalimat aktif dan pasif yang meliputi jenis, struktur dan cara mengubah kalimat aktif menjadi pasif. Instrumen penelitian ini menggunakan human instrumen, yaitu peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode baca dan catat. Analisis data dengan metode agih. Keabsahan data diperoleh melalui intra-rater, yaitu membaca dan meneliti subjek; dan interater, yaitu mendiskusikan dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini terkait dengan kalimat aktif dan pasif dilihat dari jenisnya, strukturnya, dan cara mengubah kalimat aktif menjadi pasif. Pertama, dilihat dari jenisnya, kalimat aktif meliputi kalimat aktif transitif, kalimat aktif ekatransitif, kalimat aktif dwitransitif, kalimat aktif semitransitif, dan kalimat aktif intransitif. Kalimat pasif meliputi kalimat pasif tipe I, kalimat pasif tipe II, kalimat pasif tipe III. Kedua, struktur kalimat yang ditemukan adalah struktur kalimat aktif dan pasif adalah secara runtut (tidak inversi) yang meliputi S-P-O-Pel, S-PO-K, S-P-K, S-P-O, S-P-Pel, S-P, S-P-Pel-K, S-P-O-Pel-K, K-S-P-O, K-S-P-Pel, K-S-P-O-Pel, dan K-S-P; dan secara terbalik (inversi). Ketiga, cara mengubah kalimat aktif menjadi pasif dengan dua cara. Cara pertama tukarkan S dengan O, mengganti prefiks meng- dengan di- pada P, dan tambahkan kata oleh dimuka unsur yang tadinya S. Cara kedua dengan pindahkan O ke awal kalimat, tanggalkan prefiks meng- pada P, dan pindahkan S yang berupa nomina ke tempat yang tepat sebelum verba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jenis Kalimat, Struktur Kalimat, Cara Mengubah
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:38
Last Modified: 30 Jan 2019 10:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37633

Actions (login required)

View Item View Item