LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA 1

Hanifa Tsany Hasna, Hanifa Tsany Hasna (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER PPL.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN DLL.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta harus menempuh mata kuliah wajib sesuai kurikulum yang dicanangkan. Salah satu mata kuliah wajib tersebut adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang memiliki bobot 3 sks. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Mahasiswa PPL diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pengabdian diri mahasiswa kepada masyarakat. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di MAN Yogyakarta 1 yang terletak di Kota Yogyakarta.Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di 3 kelas, yaitu XI IPS 1, CI IPS 2, dan I IPS 3 dengan masing-masing 5 kali pertemuan,namun kelas XI IPS 3 terlaksan hingga 6 kali pertemuan dalam KBM. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua setengah bulan di MAN Yogyakarta ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan Ekonomi yang diperoleh di bangku perkuliahan. Sehingga dengan pengalaman yang diperoleh selama perkuliahan itu berbagai hambatan dalam pelaksanaan PPL dapat diminimalisir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:29
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37632

Actions (login required)

View Item View Item