LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI SLEMAN Periode 1 Juli – 17 September 2014

Toni, Toni (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI SLEMAN Periode 1 Juli – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RANGGA BIMA WARDHANA 11503244025.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta, dan merupakan suatu kewajiban yang diikuti seluruh mahasiswa jurusan pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL ini merupakan suatu bentuk pentransferan, pengtransformasian dan pengaplikasian ilmu pengetahuan di bangku kuliah dan pengabdian masyarakat dimana lingkungan sekolah adalah sebagai sasarannya. Selain itu, program PPL juga merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat sekolah dan membantu mengembangkan sekolah yang menunjang proses pembelajaran. Tujuan PPL di sekolah diantaranya untuk memberikan bantuan pemikiran, membantu menggali permasalahan siswa, tenaga dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan program pembangunan atau pengembangan sekolah. Kegiatan PPL ini terdiri dari kegiatan KKN yang dilaksanakan dalam bentuk program kerja sekolah baik fisik maupun non -fisik, dan kegiatan PPL sebagai bentuk praktik mengajar di kelas sesuai bidang studi masingmasing. Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi sekolah yaitu pada tanggal 3-14 Februari 2014. Observasi sekolah ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PPL yang akan dilaksanakan. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru pembimbing dilakukan dalam rangka persiapan dalam pelaksanaan PPL pun dengan kegiatan pembekalan yang dilaksanakan oleh pihak dosen pembimbing lapangan. Dari kegiatan observasi dan bimbingan dengan guru pembimbing maka beberapa program PPL meliputi praktek mengajar, mempelajari administrasi guru dan sekolah. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas XI Mesin sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dari program PPL ini (1 Juli – 17 September 2014) ini, praktikan mendapatkan pengalaman baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Pelaksanaan PPL juga dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansi. Kesemua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:22
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37629

Actions (login required)

View Item View Item