LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 SENTOLO TAHUN AKADEMIK 2014/2015

RYNA ARUM LARASATI, RYNA ARUM LARASATI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 SENTOLO TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ryna Arum Larasati (11209244011).pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan mahasiswa kependidikan sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Program ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah, mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat pelaksanaan PPL mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus menimba ilmu secara empiris, tidak hanya dalam situasi simulasi namun dalam kondisi nyata sesuai Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 berlokasi di SMP N 3 Sentolo dilaksanakan pada tanggal 2 Juli – 17 September 2014. Persiapan mengajar dilakukan sebelum praktik mengajar yang merupakan program dari UNY yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan. Pelaksanaan PPL meliputi observasi obyek, pembuatan perangkat pembelajaran, praktik mengajar yang dilaksanakan secara terbimbing maupun mandiri dan pelaksanaan program sekolah. Dalam pelaksanaan praktik mengajar IPS tentunya terdapat hambatan atau kesulitan yang ditemui oleh praktikan. Hambatan-hambatan tersebut diminimalkan oleh praktikan dengan mengadakan evaluasi dan refleksi kegiatan. Secara keseluruhan pelaksanaan PPL berjalan lancar. Hasil dari kegiatan PPL di SMP N 3 Sentolo antara lain praktik mengajar mata pelajaran IPS sebanyak 30 kali tatap muka dengan rincian praktik mengajar 10 kali pertemuan di kelas VIII A, 10 kali pertemuan di kelas VIII B, dan 10 kali pertemuan di kelas VIII C. Kegiatan PPL memberikan banyak manfaat untuk sekolah maupun praktikan dalam rangka mengembangkan kompetensi dan sebagai latihan sebelum terjun ke masyarakat dan melakukan tugasnya secara nyata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik mengajar, Pendidikan IPS
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:44
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37615

Actions (login required)

View Item View Item